Games

10 Emulator Game Konsol Yang Bisa Kamu Mainkan di PC

Hidup di era sekarang ini sungguh beruntung karena bisa merasakan kecanggihan teknologi hanya dengan klik..klik..klik lalu men-download dan meng-install. Semua kemudahan itu bisa kita manfaatkan untuk hal apa saja baik hal yang positif dan negatif. Eits, tapi jangan di gunakan untuk hal yang negatif ya karena tidak membawa manfaat sama sekali. Dalam artikel ini kami akan membahas mengenai 10 emulator game console apa saja yang bisa di mainkan dengan PC. Termasuk emulator yang baru dan masih dalam pengembangan tentunya. Emulator adalah software yang mampu mengemulasikan suatu program dengan meniru sistem yang terdapat dalam program tersebut. Contohnya ketika anda ingin bernostalgia bermain Playstation 2 gampang caranya cukup dengan mendownload emulator untuk Playstation 2 di PC anda seperti “PCSX2” dan cara mencari gamenya cukup mudah dengan mendownload ROM “media penyimpanan game-nya” yang berformat ISO. Dan melakukan setting atau pengaturan pada emulator-nya agar emulator berjalan dengan lancar. Namun perlu di ingat tidak semua game mampu berjalan lancar di emulator karena emulator tidaklah sesempurna console game aslinya. Yuk, sudah tidak sabar kan ingin tahu emulator console game apa saja yang bisa di mainkan di PC… 😀

  1. PPSSPP

Emulator ini dapat memainkan game handheld yang dulu terkenal yaitu PSP. Di kembangkan oleh Hendrik Rygrard, orang yang juga mengembangkan emulator Dolphin. Untuk dapat memainkan PPSSPP ini tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi. Bahkan PC low end, mid end hingga high end bisa memainkan emulator ini secara full speed. Namun yang namanya emulator tetap tidak bisa memainkan seluruh game yang ada di PSP. Maka itu anda harus selalu men-check compability game yang bisa di mainkan di PSP ini apakah playable ataukah menus (hanya bisa sampai masuk menu), ataukah ingame (hanya bisa sampai di game namun tidak berjalan lancar), atau bahkan nothing (ketika emulator di jalankan tidak terjadi apa-apa melainkan layar hitam (blank).

  1. Desmume

Emulator ini dapat memainkan game handheld besutan Nintendo yaitu NDS. Nintendo NDS ini mampu menghasilkan grafik 3D yang cukup baik serta memiliki 2 layar sentuh (touchscreen) yang bisa digunakan secara bersamaan. Banyak game-game yang seru dan mengasikkan yang bisa di mainkan di emulator ini. Seperti game pokemon X dan Y dan juga balapan seru Mario DSbisa melumpuhkan lawan dengan senjata-senjata yang unik seperti pisang, diberikan kemampuan seperti turbo tergantung box yang anda dapatkan.

  1. PCSX2

Dengan menggunakan emulator ini anda bisa memainkan game-game dari playstation 2. Sedekit bernostalgia saja jika anda rindu dengan permainan-permainan seperti MotoGP, God Hand, WWE Smackdown : Here Comes The Pain Anda bisa mencoba emulator ini. Emulator ini cukup berat karena memiliki spesifikasi yang cukup tinggi. Minimal dengan komputer windows 7 64 bit, intel core i3 dan juga ram 4gb, vga 2gb anda bisa memainkan emulator ini dengan lancar. Tampilan layaknya Playstation 2 yang asli karena membutuhkan BIOS. Jadi ingat anda tidak bisa bermain PCSX2 tanpa memasukan BIOS.

  1. EPSXE

Dengan emulator ini anda bisa bernostalgia dan memainkan game dari Playstation. Banyak game-game yang terkenal seperti Tekken 1 s/d 3, Crash Turbo Racing, dan Hot Whells Turbo Racing, dan Juga Game seperti One Piece Grand Battle 2 sangat seru sekali untuk di mainkan. Agar tampilan nampak lebih bagus dari pada yang di console-nya cukup dengan mengutak-atik plugin untuk grafiknya. Terdapat banyak BIOS yang bisa di gunakan kita bisa menggunakan versi PSone atau PSX.

  1. Dolphin

Emulator ini cukup berbeda karena di emulator inilah anda bisa memainkan game-game dari 2 console sekaligus. Yak, sebut saja Nintendo Gamecube dan Nintendo Wii. Hanya saja agar dapat memainkan emulator ini dengan sempurna dan lancar butuh spesifikasi yang tinggi. Nintendo Gamecube adalah consol pada generasi yang sama dengan Playstation 2 jadi masalah grafis hamper setara, sedangkan Nintendo Wii merupakan generasi yang muncul bersamaan dengan Playstation 3.

  1. Null DC

Emulator yang digunakan untuk memainkan game dari console Sega Dreamcast. Menjadi satu generasi dengan Playstation 2 namun membuat console ini di cap sebagai “produk gagal” karena developer yang tidak konsisten serta game-game yang di tawarkan kurang dapat menjual. Hanya game-game tertentu saja yang terkenal pada emulator ini seperti Shenmue, Dead or Alive 2, dan Psychic Force.

  1. RPCS3

Emulator ini adalah impian bagi anda “gamer nostalgia” yang menyukai Playstation 3. Playstation 3 memiliki kualitas grafik yang sangat apik, dan indah di pandang berbeda dengan pendahulunya playstation 2 menggunakan DVD pada console-nya. Playstation 3 menggunakan BD alias BluRay Disc yang mampu menghasilkan grafik HD (High Definition). Untuk dapat memainkan game ini pada emulator PC anda cukup dengan mendownload “RPCS3”. Perlu di ingat bahwa emulator ini masih dalam pengembangan dan belum bisa di mainkan sepenuhnya. Ada pun game yang sudah di uji di RPCS3 seperti After Burner Climax. Membutuhkan spesifikasi yang tinggi agar bisa lancar minimal RAM 8 GB dan processor intel core i7 dengan windows 64bit dan juga 1 game ukurannya bisa puluhan GB.

  1. Xenia

Ketika mendengar namanya, anda mengira itu nama mobil Daihatsu bukan. Namun berbeda dengan Xenia yang ini. Xenia ini adalah emulator yang di kembangkan oleh Ben Vanik untuk dapat memainkan game Xbox 360 di PC anda. Hampir sama layaknya RPCS3, Emulator ini membutuhkan spesifikasi yang tinggi agar anda bisa menikmatinya. Contoh game yang bisa di mainkan seperti Rumble Roses XX, Halo 3, dll.

  1. Cemu

Termasuk emulator baru yang di gunakan untuk memainkan Wii U. Wii U adalah Console baru setelah Wii, dan sebagai pengganti Wii…Nintendo Wii U kurang bisa menjual dipasaran industry game oleh karena itu Wii U di anggap console yang gagal. Namun Nintendo tetap tidak menyerah mereka merilis console baru lagi yang di beri nama “Nintendo Switch”. Game yang bisa dimainkan di Cemu sangat sedikit seperti game Paparazi, 360 Breakout, dll.

  1. Citra

Emulator terbaru ini juga masih dalam pengembangan, namun menunjukan pengembangan yang signifikan. Emulator ini di gunakan untuk bermain game dari Nintendo 3DS. Hampir sama dengan NDS hanya saja kualitas seluruh gamenya memiliki grafik 3D yang mampu memanjakan mata para gamer console. Beberapa game yang bisa di mainkan di antaranya seperti Mario Kart 7, Dead or Alive : Dimensions, dan Pokemon.

5 thoughts on “10 Emulator Game Konsol Yang Bisa Kamu Mainkan di PC

    1. kopas dari mana gan? ngga ini murni tulisan ane sendiri, ane sengaja nulis dari word trus pindahin ke blog supaya gampang formattingnya meski dr word murni tulisan ane…mungkin klo foto ga ane kasih sumber males, tapi sebagian foto juga hasil screenshot game ane sndiri wkwkwk

      Like

      1. Bukan masalah nulis dari word nya, tapi cara penulisan dan tata bahasa nya beda sekali dari artikel2 yg dulu. Dan di tiga artikel terakhir yg membahas masalah emulator, bios dll penyebutannya kami, jadi ada indikasi kalo mas arman copas dari salah satu artikel tapi sedikit ditambahi kalimat pembuka nya dengan gaya bahasa mas arman sendiri. Ya semoga beneran gak copas mas, kalo sampe copas terus ketauan penulis aslinya nanti bisa jadi masalah lho

        Like

  1. Kami oh itu wkwkw,, artikel ini dulunya saya buat untuk web malesbrowsing tempat kerja saya tp krn ga di apprve saya resign dan pindahin ke wp pribadi saya,, kt° kaminya blum saya rubah

    Like

Monggo bagi yang ingin komentar, silahkan :D