Games

Setting Untuk TEKKEN 6 PPSSPP Agar Full Speed

Anda pernah mengalami masalah seperti lag atau bermain PPSSPP namun tidak lancar ketika bermain. Jangan khawatir kami punya solusinya. Kali ini kami akan memberikan tutorial bagaimana langkah-langkah settingan yang tepat untuk bermain TEKKEN 6 agar bisa full speed, lancar tanpa lag tanpa error sekalipun. Langkah yang pertama kali anda lakukan adalah buka applikasi “PPSSPP” nya. Namun jika anda belum punya anda bisa mendownload PPSSPP versi 1.4.2 pada www.ppsspp.org.

Hal yang pertama kali harus anda lakukan yaitu mengutak-atik settingan terlebih dahulu. Karena untuk bermain emulator memerlukan settingan yang tepat untuk setiap gamenya. Game yang akan kami uji kali ini adalah TEKKEN 6 melalui PPSSPP. Langkah pertama buka setting kemudian pilih setting graphic seperti ini :

Selalu di ingat bahwa grafik PPSSPP berjalan pada mode Buffered Rendering, hampir untuk semua game PPSSPP menggunakan settingan seperti itu. Namun ada beberapa game, ketika menggunakan mode buffered rendering malahan tidak jalan gamenya. Dan layar PPSSPP hitam saja alias ngeblank, jadi itu adalah pengecualian agar grafik PPSSPP bisa muncul tergantung game yang anda mainkan.

Kemudian backend pilih OpenGL, Karena untuk PPSSPP dengan versi 1.00 sampai dengan 1.42 sudah mulai menggunakan OpenGL. Anda bisa saja menggunakan Direct X namun secara grafis tidak akan sebagus OpenGL. OpenGL memiliki ketajaman grafis yang sangat bagus dan bahkan membuat grafis PPSSPP nampak lebih sempurna jika dibandingkan saat anda memainkan PSP aslinya dan sudah mendukung kualitas HD tentunya yang akan membuat anda semakin betah dalam bermain game.

Kemudian frameskipping perlu di aktifkan guna untuk meningkatkan FPS menjadi full speed, jika anda tidak mengaktifkan frameskipping dan frameskipping berada pada volume 1 maka FPS berjalan sangat lambat sekali sehingga anda tidak bisa memainkan PPSSPP dengan lancar. Autoframeskipping perlu di centang agar FPS (Frame per second) anda tetap bisa stabil dan lancar ketika bermain PPSSPP.

Settingan ini berguna agar performa grafik bisa berjalan smooth atau halus dan tentu saja tekstur yang di hasilkan tidak kasar, namun lebih halus tentunya jika di bandingkan dengan versi PPSSPP yang lama. Mipmapping di aktifkan, Hardware transform juga di aktifkan hingga Vertex Cache. Guna untuk menghasilkan ketajaman grafis ke tingkat HD dan membuat gerakan video menjadi lebih soft dan terlihat lebih indah ketika anda memperhatikan tekstur karakter yang dimainkan dan juga untuk mengurangi glitches atau grafik yang tidak jelas seperti dobel grafik dan juga garis-garis yang mengganggu saat anda melihat grafik game tersebut.

Agar ketika anda bermain PPSSPP layaknya PSP anda cukup dengan mengutak-atik setting pada audio agar muncul suara. Dalam PPSSPP anda tidak perlu lagi mendownload soundforge untuk mengaktifkan suara cukup dengan aplikasi PPSSPP saja tinggal anda aktifkan dengan mencentang “enable sound” suara sudah aktif dan dengan kualitas yang bagus pula. Global Volume bisa anda atur sendiri sesuai besar suara yang anda inginkan paling tinggi 10 namun anda bisa menggantinya sesuka anda.

Kemudian ada audio latency, gunanya adalah untuk menghindari shuttering pada audio game atau yang bisa kita sebut suara yang kurang jelas seperti kresek-kresek begitu. Ada baiknya anda mensetting ke “medium” saja tergantung sesuai dengan anda yang inginkan dan cocoknya dimana apakah “low“, “medium“, atau “high“. Kami sarankan anda memilih “medium” saja karena jika high akan berakibat suara yang di keluarkan pada game menjadi sangat keras dan kasar ketika di dengar.

Setting yang ini hanya tambahan saja dan tidak untuk semua game menggunakannya. Namun harus di perhatikan seperti Fast Memory di centang agar kinerja memory pada PPSSPP berjalan sangat cepat, game pun menjadi lancar, dan mensave pun menjadi sangat mudah. Kemudian I/O on thread dicentang dan I/O timing method di centang untuk menghindari lag atau slowmotion pada game anda pilih yang fast agar game dapat berjalan cepat dan lancar. Memory stick berguna untuk men-save data ketika anda bermain dan ingin melanjutkan permainan itu besoknya maka anda cukup dengan menload game anda.

Baiklah semua settingan sudah di lakukan mulai dari grafik, performa, audio, dan systemnya sekarang kita lihat. Beginilah hasilnya ketika game sudah di setting, game berjalan lancar dan full speed :

Perhatikan pada tulisan warna kuning disebelah kanan atas game itu adalah pertanda FPS berjalan sempurna dan full speed hingga 60. FPS yang berjalan full speed umumnya 50-60, jika kurang dari itu game tidak akan berjalan lancar dan sempurna. Dan angka 100,1% itu menunjukan performa clockspeed-nya sangat cepat sehingga game ini ketika dimainkan sangat sempurna dan full speed juga tentunya.

Monggo bagi yang ingin komentar, silahkan :D